Pages

Senin, 23 Mei 2016

STIS

Yang biasa dikenal dengan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, namun belakangan ini sudah ada wacana untuk pergantian nama menjadi PSN-STIS (Politeknik Statistik Negara-STIS). Mungkin agak aneh kedengarannya ye. Wkwkwkw. Bagi kamu-kamu yang udah lulus SMA khususnya jurusan IPA dan masih bingung mau ngelanjutin kuliah dimana, artikel kali ini cocok buat kamu yang pengen tahu lebih dekat dengan kampusku sekarang ini. :D




Q : Apa sih STIS itu?

A :
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. Tapi tahun 2016 ini telah ada wacana untuk membuka program D-III dan S2 juga (wowww keren yah). STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua program studi: Program Studi Statistika dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.




Q : Apa jurusan di STIS, bang :* ?
A :
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dan unggul di bidang statistik.

Pada tahun akademik 2016/2017, STIS menyelenggarakan program studi:
Diploma III (D-III) Statistika
Diploma IV (D-IV) Statistika
Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik
Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua).

Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruh Indonesia.
STIS akan menerima sebanyak 100 orang untuk program studi D-III dan 400 orang untuk program studi D-IV.

Oh, iya yang perlu kamu tahu. Nanti saat kalian kuliah di STIS (Amiinnnn) ada 2 status mahasiswa.
-          Ikatan Dinas. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. Normalnya kalian belajar 4 tahun, maka masa pengabdian kepada BPS biasanya (2n+1) yang artinya 9 tahun. Tapi kalau mikir secara logika, malahan enakkan, habis lulus langsung kerja. Gaji jadi pegawai BPS itu katanya lumayan. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tahun 2016 dapatnya 1.000.000/bulan :D
-          Tugas Belajar. Merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

Q : Pendaftarnya gimana kak dan biasanya yang diujikan apa aja?
A :
Kalian bisa saja langsung lihat di website www.stis.ac.id. Nah ini jadwal penting pendaftaran tahun ini.



Q : Bagaimana awal perkuliahan di STIS?
A :
Awalnya kalian akan melalui yang namanya MP2K (Masa Perkenalan dan Pembentukan Karakter) disini luh bakalan belajar skill apa aja yang dibutuhkan untuk menjadi Mahasiswa dalam 5 hari. (Wkwkwkwk).
Bdw, ini kelompok gua. Kelompok 11 (Kelompok Terbaik) SIG (Sistem Informasi Geografis) weetttttttsssssssssssssss.....




  
Setelah itu kalian akan menjalani yang namanya BN (Bela Negara) Disini luh bakalan disiksa dibimbing langsung oleh Anggota TNI-AD, bagaimana menjadi calon abdinegara yang sesungguhnya :D, Ini dia foto-fotonya.





Q : Apakah selama OSPEK tersebut ada perpeloncoan?
A :
TIDAK ADA, salah satu tujuan gua pilih PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan)  STIS karena STIS bebas dari yang namanya kaya gitu. Aman deh pokoknya. Sekolahnya Non-Militer kok. :D
Q : Biasanya yang daftar berapa banyak?
A :
Nah tahun kemarin, pas gua daftar tahun 2015. Total pendaftar ada 32.000-an pendaftar lewat jalur reguler, dan yang diterima jalur reguler ada 400 orang. Yang perbandingannya sekitar 1 berbanding 80 orang. Sekarang tahun 2016 katanya yang mendaftar sekitar 23.000-an dengan total yang diterima sekitar 400 orang. Mungkin dari luh ada yang berpikir yah wah gilaa.. nggak mungkin gua masuk STIS,  persaingannya aja ketat banget kaya gitu  Jangan begitu bro/sis. Kalau memang niat, belajar sungguh-sungguh pasti bisa lolos kok. Gua aja yang minim kaya gini yang bermodalkan keberuntungan bisa lolos :D.


 Bdw, sekian dulu dari gua..

Semangat buat adik-adik yang ingin masuk STIS



Referensi :
www.stis.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar